Zona Integritas Pengadilan Negeri Sarolangun

A. PENGUNGKIT
   I. PEMENUHAN
     Area 1. Manajemen Perubahan
       1. Penyusunan Tim Kerja
         1.a. Unit kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas
          Evidence
        1.b. Penentuan anggota Tim dipilih melalui prosedur/mekanisme yang jelas
          Evidence
      2. Rencana Pembangunan Zona Integritas
        2.a. Terdapat dokumen rencana kerja pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM
          Evidence
        2.b. Dalam dokumen pembangunan terdapat target-target prioritas yang relevan dengan tujuan pembangunan WBK/WBBM
          Evidence
        2.c. Terdapat mekanisme atau media untuk mensosialisasikan pembangunan WBK/WBBM
          Evidence
      3. Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM
        3.a. Seluruh kegiatan pembangunan sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana
          Evidence
        3.b. Terdapat monitoring dan evaluasi terhadap pembangunan Zona Integritas
          Evidence
        3.c. Hasil monitoring dan evaluasi telah ditindaklanjuti
          Evidence
      4. Perubahan Pola Pikir dan Budaya Kerja
        4.a. Pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan pembangunan WBK/WBBM
          Evidence
        4.b. Sudah ditetapkan agen perubahan
          Evidence
        4.c. Telah dibangun budaya kerja dan pola pikir di lingkungan organisasi
          Evidence
        4.d. Anggota organisasi terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM
          Evidence
    Area 2. Penataan Tatalaksana  
      1. Prosedur Operasional Tetap (SOP) Kegiatan Utama
        1.a. SOP mengacu pada peta proses bisnis instansi
          Evidence
        1.b. Prosedur Operasional Tetap (SOP) telah diterapkan
          Evidence
        1.c. Prosedur Operasional Tetap (SOP) telah dievaluasi
          Evidence
      2. Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)
        2.a. Sistem pengukuran kinerja unit sudah menggunakan teknologi informasi
          Evidence
        2.b. Operasionalisasi manajemen SDM sudah menggunakan teknologi informasi
          Evidence
        2.c. Pemberian pelayanan kepada publik sudah menggunakan teknologi informasi
          Evidence
        2.d. Telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operasionalisasi SDM, dan pemberian layanan kepada publik
          Evidence
      3. Keterbukaan Informasi Publik
        3.a. Kebijakan tentang keterbukaan informasi publik telah diterapkan
          Evidence
        3.b. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik
          Evidence
    Area 3. Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur
      1. Perencanaan Kebutuhan Pegawai sesuai dengan Kebutuhan Organisasi
        1.a.  Kebutuhan pegawai yang disusun oleh unit kerja mengacu kepada peta jabatan dan hasil analisis beban kerja untuk masing-masing jabatan
          Evidence
        1.b. Penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu kepada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan
          Evidence
        1.c. Telah dilakukan monitoring dan dan evaluasi terhadap penempatan pegawai rekrutmen untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja
          Evidence
      2. Pola Mutasi Internal
        2.a. Dalam melakukan pengembangan karier pegawai, telah dilakukan mutasi pegawai antar jabatan
          Evidence
        2.b. Dalam melakukan mutasi pegawai antar jabatan telah memperhatikan kompetensi jabatan dan mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan
          Evidence
        2.c. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja
          Evidence
      3. Pengembangan Pegawai Berbasis Kompetensi
        3.a. Unit Kerja melakukan Training Need Analysis Untuk pengembangan kompetensi
          Evidence
        3.b. Dalam menyusun rencana pengembangan kompetensi pegawai, telah mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai
          Evidence
        3.c. Tingkat kesenjangan kompetensi pegawai yang ada dengan standar kompetensi yang ditetapkan untuk masing-masing jabatan
          Evidence
        3.d. Pegawai di Unit Kerja telah memperoleh kesempatan/hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya
          Evidence
        3.e. Dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi, unit kerja melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada pegawai (seperti pengikutsertaan pada lembaga pelatihan, in-house training, coaching, atau mentoring)
          Evidence
        3.f. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja
          Evidence
      4. Penetapan Kinerja Individu
        4.a. Terdapat penetapan kinerja individu yang terkait dengan perjanjian kinerja organisasi
          Evidence
        4.b. Ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan indikator kinerja individu level diatasnya
          Evidence
        4.c. Pengukuran kinerja individu dilakukan secara periodik
          Evidence
        4.d. Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar untuk pemberian reward
          Evidence
      5. Penegakan Aturan Disiplin/Kode Etik/Kode Perilaku Pegawai
        5.a. Aturan disiplin/kode etik/kode perilaku telah dilaksanakan/diimplementasikan
          Evidence
      6. Sistem Informasi Kepegawaian
        6.a. Data informasi kepegawaian unit kerja telah dimutakhirkan secara berkala
          Evidence
    Area 4. Penguatan Akuntabilitas
      1. Keterlibatan Pimpinan
        1.a. Unit kerja telah melibatkan pimpinan secara langsung pada saat penyusunan perencanaan
          Evidence
        1.b. Unit kerja telah melibatkan secara langsung pimpinan saat penyusunan penetapan kinerja
          Evidence
        1.c. Pimpinan memantau pencapaian kinerja secara berkala
          Evidence
      2. Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja
        2.a. Dokumen perencanaan kinerja sudah ada
          Evidence
        2.b. Perencanaan kinerja telah berorientasi hasil
          Evidence
        2.c. Terdapat penetapan Indikator Kinerja Utama (IKU)
          Evidence
        2.d. Indikator kinerja telah telah memenuhi kriteria SMART
          Evidence
        2.e. Laporan kinerja telah disusun tepat waktu
          Evidence
        2.f. Laporan kinerja telah memberikan informasi tentang kinerja
          Evidence
        2.g. Terdapat sistem informasi/mekanisme informasi kinerja
          Evidence
        2.h. Unit kerja telah berupaya meningkatkan kapasitas SDM yang menangangi akuntabilitas kinerja
          Evidence
    Area 5. Penguatan Pengawasan  
      1. Pengendalian Gratifikasi
        1.a. Telah dilakukan public campaign tentang pengendalian gratifikasi
          Evidence
        1.b. Pengendalian gratifikasi telah diimplementasikan
          Evidence
      2. Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)
        2.a. Telah dibangun lingkungan pengendalian
          Evidence
        2.b. Telah dilakukan penilaian risiko atas pelaksanaan kebijakan
          Evidence
        2.c. Telah dilakukan kegiatan pengendalian untuk meminimalisir risiko yang telah diidentifikasi
          Evidence
        2.d. SPI telah diinformasikan dan dikomunikasikan kepada seluruh pihak terkait
          Evidence
      3. Pengaduan Masyarakat
        3.a. Kebijakan Pengaduan masyarakat telah diimplementasikan
          Evidence
        3.b. Pengaduan masyarakat ditindaklanjuti
          Evidence
        3.c. Telah dilakukan monitoring dan evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat
          Evidence
        3.d. Hasil evaluasi atas penanganan pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti
          Evidence
      4. Whistle-Blowing System
        4.a. Whistle Blowing System telah diterapkan
          Evidence
        4.b. Telah dilakukan evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System
          Evidence
        4.c. Hasil evaluasi atas penerapan Whistle Blowing System telah ditindaklanjuti
          Evidence
      5. Penanganan Benturan Kepentingan
        5.a. Telah terdapat identifikasi/pemetaan benturan kepentingan dalam tugas fungsi utama
          Evidence
        5.b. Penanganan Benturan Kepentingan telah disosialisasikan/internalisasi
          Evidence
        5.c. Penanganan Benturan Kepentingan telah diimplementasikan
          Evidence
        5.d. Telah dilakukan evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan
          Evidence
        5.e. Hasil evaluasi atas Penanganan Benturan Kepentingan telah ditindaklanjuti
          Evidence
    Area 6. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
      1. Standar Pelayanan 
        1.a. Terdapat kebijakan standar pelayanan
          Evidence
        1.b. Standar pelayanan telah dimaklumatkan
          Evidence
        1.c. Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan
          Evidence
        1.d. Telah melakukan publikasi atas standar pelayanan dan maklumat pelayanan
          Evidence
      2. Budaya Pelayanan Prima
        2.a. Telah dilakukan berbagai upaya peningkatan kemampuan dan/atau kompetensi tentang penerapan budaya pelayanan prima
          Evidence
        2.b. Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media
          Evidence
        2.c. Telah terdapat sistem pemberian penghargaan dan sanksi bagi petugas pemberi pelayanan
          Evidence
        2.d. Telah terdapat sistem pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar
          Evidence
        2.e. Terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi
          Evidence
        2.f. Terdapat inovasi pelayanan
          Evidence
      3. Pengelolaan Pengaduan
        3.a. Terdapat media pengaduan dan konsultasi pelayanan yang terintegrasi dengan SP4N-Lapor!
          Evidence
        3.b. Terdapat unit yang mengelola pengaduan dan konsultasi pelayanan
          Evidence
        3.c. Telah dilakukan evaluasi atas penanganan keluhan/masukan dan konsultasi
          Evidence
      4. Penilaian Kepuasan terhadap Pelayanan
        4.a. Telah dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan
          Evidence
        4.b. Hasil survei kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka
          Evidence
        4.c. Dilakukan tindak lanjut atas hasil survei kepuasan masyarakat
          Evidence
      5. Pemanfaatan Teknologi Informasi
        5.a. Telah menerapkan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan
          Evidence
        5.b. Telah membangun database pelayanan yang terintegrasi
          Evidence
        5.c. Telah dilakukan perbaikan secara terus menerus
          Evidence
  II. REFORM
    Area 1. Manajemen Perubahan
      1. Komitmen dalam perubahan
        1.a. Agen perubahan telah membuat perubahan yang konkret di Instansi (dalam 1 tahun)
          Evidence
        1.b. Perubahan yang dibuat Agen Perubahan telah terintegrasi dalam sistem manajemen
          Evidence
      2. Komitmen Pimpinan
        2.a. Pimpinan memiliki komitmen terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi, dengan adanya target capaian reformasi yang jelas di dokumen perencanaan
          Evidence
      3. Membangun Budaya Kerja
        3.a. Instansi membangun budaya kerja positif dan menerapkan nilai-nilai organisasi dalam pelaksanaan tugas sehari-hari
          Evidence
    Area 2. Penataan Tatalaksana
      1. Peta Proses Bisnis Mempengaruhi Penyederhanaan Jabatan
        1.a. Telah disusun peta proses bisnis dengan adanya penyederhanaan jabatan
          Evidence
      2. Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang Terintegrasi
        2.a. Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien
          Evidence
        2.b. Implementasi SPBE telah terintegrasi dan mampu mendorong pelaksanaan pelayanan internal organisasi yang lebih cepat dan efisien
          Evidence
      3. Transformasi Digital Memberikan Nilai Manfaat
        3.a. Transformasi digital pada bidang proses bisnis utama telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal
          Evidence
        3.b. Transformasi digital pada bidang administrasi pemerintahan telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal
          Evidence
        3.c. Transformasi digital pada bidang pelayanan publik telah mampu memberikan nilai manfaat bagi unit kerja secara optimal
          Evidence
    Area 3. Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur
      1. Kinerja Individu
        1.a. Ukuran kinerja individu telah berorientasi hasil (outcome) sesuai pada levelnya
          Evidence
      2. Assessment Pegawai
        2.a. Hasil assement telah dijadikan pertimbangan untuk mutasi dan pengembangan karir pegawai
          Evidence
      3. Pelanggaran Disiplin Pegawai
        3.a. Penurunan pelanggaran disiplin pegawai
          - Jumlah pelanggaran tahun sebelumnya = 0
- Jumlah pelanggaran tahun ini = 0
    Area 4. Penguatan Akuntabilitas
      1. Meningkatnya capaian kinerja unit kerja
        1.a. Persentase Sasaran dengan capaian 100% atau lebih
          Evidence
      2. Pemberian Reward and Punishment
        2.a. Hasil Capaian/Monitoring Perjanjian Kinerja telah dijadikan dasar sebagai pemberian reward and punishment bagi organisasi
          Evidence
      3. Kerangka Logis Kinerja
        3.a. Apakah terdapat penjenjangan kinerja ((Kerangka Logis Kinerja) yang mengacu pada kinerja utama organisasi dan dijadikan dalam penentuan kinerja seluruh pegawai?
          Evidence
    Area 5. Penguatan Pengawasan
      1. Mekanisme Pengendalian
        1.a. Telah dilakukan mekanisme pengendalian aktivitas secara berjenjang
          Evidence
      2. Penanganan Pengaduan Masyarakat
        2.a. Persentase penanganan pengaduan masyarakat
          Evidence
      3. Penyampaian Laporan Harta Kekayaan
        3.a. Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN)
          Evidence
        3.b. Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN)
          Evidence
    Area 6. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
      1. Upaya dan/atau Inovasi Pelayanan Publik
        1.a. Upaya dan/atau inovasi telah mendorong perbaikan pelayanan publik pada:
1. Kesesuaian Persyaratan
2. Kemudahan Sistem, Mekanisme, dan Prosedur
3. Kecepatan Waktu Penyelesaian
4. Kejelasan Biaya/Tarif, Gratis
5. Kualitas Produk Spesifikasi
          Evidence
        1.b. Upaya dan/atau inovasi pada perijinan/pelayanan telah dipermudah:
1. Waktu lebih cepat
2. Pelayanan Publik yang terpadu
3. Alur lebih pendek/singkat
4. Terintegrasi dengan aplikasi
          Evidence
      2. Penanganan Pengaduan Pelayanan dan Konsultasi
        2.a. Penanganan pengaduan pelayanan dilakukan melalui berbagai kanal/media secara responsive dan bertanggung jawab
          Evidence
B. HASIL 
      1. PEMERINTAH YANG BERSIH DAN BEBAS KKN
        1.a. Nilai Survey Persepsi Korupsi (Survei Eksternal)
          Evidence
        1.b. Capaian Kinerja Lebih Baik dari pada Capaian Kinerja Sebelumnya
          Evidence
      2. KUALITAS PELAYANAN PUBLIK
        2.a. Nilai Persepsi Kualitas Pelayanan (Survei Eksternal)
          Evidence

 

 

Copyright © 2016 - Pengadilan Negeri Sarolangun